diet sehat ibu menyusui

Melihat si kecil yang sudah ditunggu, lahir sehat membuat perasaan haru, namun banyak juga yang merasa stress dengan berat badan sehingga memutuskan untuk mencari cara diet sehat ibu menyusui. Tentu, ada kalanya mendambakan bentuk tubuh yang dulu, sebelum hamil dan melahirkan, bukan?

Nah, bagaimana caranya agar berat badan bisa berkurang? Bagaimana caranya agar lemak di perut tidak menumpuk? Bagaimana cara melakukan diet pasca melahirkan?

Berikut adalah beberapa aturan ketika ingin diet sehat saat masih dalam program ASI eksklusif.

Rajin Menyusui

cara diet ibu menyusui

Pemberian ASI eksklusif adalah salah satu cara menguntungkan bagi para ibu menyusui agar berat badan kembali seperti semula. Cara ini juga aman untuk buah hati. Mengapa dengan rajin menyusui dapat mengurangi lemak dalam tubuh ibu?

Hal ini karena sering memberikan ASI akan meningkatkan produksi ASI. Zat lemak yang ada di dalam ASI juga akan ditransfer untuk bayi. Itu artinya, ketika ibu menyusui bayi, maka dapat menurunkan berat badan alami bahkan mencapai 0,6 sampai 0,8 kilogram per bulan.

Pola Makan Teratur

Seperti apa sih diet setelah melahirkan yang tepat bagi ibu menyusui, terutama mengenai porsi makan? Porsi itu tidak harus banyak untuk langsung dinikmati sekali waktu. Namun, ibu menyusui dapat mencoba mengonsumsi dalam porsi makan yang kecil.

Porsi makan kecil tapi sering juga sangat membantu agar dapat membantu tubuh mencerna makanan lebih baik. Cara ini juga dapat meningkatkan produksi ASI serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Makanan Sehat

cara diet utk ibu menyusui

Diet sehat ibu menyusui tentu juga tidak boleh sembarangan. Menu yang sehat juga harus menjadi santapan sehari-hari. Ada banyak menu sehat yang cocok untuk ibu menyusui saat diet.

Beberapa pilihan menu diet ibu menyusui adalah beras merah, buah-buahan, daging tanpa lemak, biji-bijian, kacang-kacangan, telur, susu rendah lemak, ikan salmon, sereal, roti gandum, dan sayuran.

Cara menyajikan makanan juga harus diperhatikan. Biasanya, ibu menyusui cenderung mengonsumsi menu makanan yang digoreng. Namun, kali ini ibu menyusui bisa berkerasi lebih dengan cara direbus atau dibakar. Makanan yang direbus atau dibakar dapat mengurangi jumlah kalori yang harus masuk kedalam tubuh.

Perhatikan Asupan Cairan

diet ibu menyusui tanpa mengurangi asi

Saat sedang menyusui, pastikan bahwa ibu menyusui memenuhi kebutuhan cairan paling tidak 16 gelas setiap harinya. Tidak harus air mineral, ibu menyusui bisa mencoba asupan mineral dari sumber lainnya seperti sayuran, makanan, dan buah.

Mengapa asupan cairan harus diperhatikan?

Hal ini penting karena dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Ibu menyusui yang kekurangan cairan, tentu rentan mengalami dehidrasi dan rasa lelah yang sangat berlebih. Itulah mengapa sebaiknya jangan tunggu haus untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Stop Minum Alkohol dan Kafein

Karena sedang menyusui, ada baiknya untuk berhenti menikmati minuman berkafein atau beralkohol. Hindari mengonsumsi teh, cokelat, soda, dan juga kopi.

Jika terasa sangat sulit untuk menghindari teh atau kopi, tidak masalah. Ibu menyusui bisa mengurangi porsi atau takaran sehingga tidak terlalu banyak mengonsumsi kedua jenis minuman itu setiap harinya.

Sedangkan konsumsi alkohol pada ibu menyusui akan menghambat hormone oksitosin. Hormone ini penting karena bekerja untuk memproduksi ASI. Aroma ASI juga akan lebih tajam ketika ibu mengonsumsi alkohol, sehingga si kecil kemungkinan dapat mencium aromanya dan tidak mau minum ASI.

Olahraga

diet sehat ibu menyusui

Dalam kondisi apapun, tidak peduli diet atau tidak, olahraga adalah salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kesehatan tubuh. Olahraga adalah cara terbaik, dan harus dilibatkan ketika Anda sedang menjalani diet sehat ibu menyusui.

Mengapa tubuh butuh olahraga?

cara diet untuk ibu menyusui

Pasca melahirkan, banyak otot-otot tubuh yang mengendur, dan dengan melakukan olahraga tentu akan mengencangkan kembali tubuh Anda. Selain itu, olahraga juga penting untuk memastikan bahwa massa tulang meningkat lebih padat dan kuat.

Demikian informasi lengkap tentang seperti apa diet sehat ibu menyusui yang tepat dan ampuh. Tentu saja, cara-cara di atas sangat mudah dilakukan. Namun, membutuhkan komitmen yang kuat karena ibu menyusui juga harus mengubah kebiasaan hidup sehat.

Dengan komitmen tersebut juga, pasti dapat dirasakan manfaatnya untuk tubuh dan berat badan jadi proporsional serta mengecilkan perut setelah melahirkan, semoga membantu!