cara diet untuk ibu menyusui

Pasca melahirkan, Anda mungkin sedang mencari menu diet ibu menyusui karena berat badan terus meningkat. Padahal, pada periode ini, Anda sedang butuh begitu banyak energi guna mendukung produksi ASI melimpah.

Walau demikian, saat masa menyusui, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan secara kurang teratur. Pola makan seimbang juga sehat sangat penting.

kisah diet sukses ibu menyusui

Kebutuhan karbohidrat, sayur, buah, susu, dan makanan berprotein harus benar-benar diperhatikan.

Sampai saat ini, belum ada informasi pasti tentang breapa banyak kalori yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Namun, ibu menyusui butuh 500 kalori lebih banyak dibanding ibu yang tidak menyusui. Itu artinya, dibutuhkan sekitar 2000 sampai 2500 kalori setiap harinya.

Agar tidak kekurangan ide, berikut adalah menu diet ibu menyusui yang dapat dicoba selama seminggu. Ada total 7 menu sehat dan praktis tentunya mudah-mudahan dapat membantu Bunda mengecilkan perut setelah melahirkan.

Ikan Panggang dan Tumis Kangkung

makanan pengganti nasi untuk diet ibu menyusui

Kandungan nutrisi pada ikan sangat menyehatkan jika dikonsumsi untuk program diet ibu menyusui.

Beberapa manfaat adalah membantu perkembangan otak bayi, menyehatkan jantung, mencukupi kebutuhan vitamin D, serta mengurangi resiko depresi.

Kangkung mengandung serat tinggi sehingga pilihan tepat untuk kesehatan pencernaan. Selain itu juga mengandung vitamin A, asam folat, dan baik untuk produksi ASI serta menambah energi.

Sayur Pakcoy dan Ayam Panggang

 

Ayam adalah menu yang baik untuk ibu menyusui dan sedang diet. Pasalnya, kandungan zat besi dan protein pada menu ini terbilang tinggi.

Protein fungsinya adalah untuk memelihara banyak organ, mulai dari jantung, tulang, otak, otot, enzim, antibody, dan paru-paru.

Sedangkan sayur pakcoy adalah sayuran hijau dengan nutrisi tinggi. Dalam satu cangkir atau 70 gram pakcoy memberikan tambahan 9 kalori. Karena makanan ini rendah kalori, maka ibu menyusui tidak akan mudah gemuk.

Tahu dan Sayur Asam

makanan ibu menyusui

Nutrisi pada tahu sudah tidak diragukan lagi. Sebagai makanan sederhana, justru makanan tersebut sangat baik dan tinggi kalsium sehingga baik untuk tulang. Kalsium juga penting bagi ibu menyusui karena dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan tulang buah hati.

Sementara itu, sayur asam punya banyak macam sayur mulai dari kacang-kacangan, melinjo, dan labu yang dapat meningkatkan produksi ASI.

Menu Diet Ibu Menyusui: Telur Dadar, Bayam dan Sup Ayam

makanan diet untuk ibu menyusui

Konsumsi 5 butir telur ayam per hari dapat meningkatkan produksi ASI. Vitamin D pada telur juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Bayam yang dicampur pada telur juga punya kandungan vitamin A. Fungsinya tentu untuk perkembangan dan pertumbuhan kulit serta mata bayi. Vitamin C pada bayam juga baik untuk membantu menyerap zat besi, menyehatkan tulang, ligament, gigi, pembuluh darah, dan mencegah infeksi.

Ayam Bakar, Sayur Bayam dan Sambal Hijau

Menu diet ibu menyusui berikutnya adalah ayam bakar. Kandungan zat besi dan protein tinggi ditambah sayur bayam yang penuh vitamin C dan A dapat menyehatkan ibu dan buah hati. Biar tida bosan, ayam panggang bisa dimasak dengan tambahan sambal hijau.

Tahu Telur, Pecel, Sayur

Biasanya, pecel sayur disuguhkan dengan aneka sayuran mulai dari kol, kacang panjang, tauge, dan bayam. Semua sayuran tersebut terasa sangat menggugah rasa karena disantap dengan tahu telur dan bumbu kacang.

Menu sehat ini sangat cocok dikonsumsi dan dijamin memberi nutrisi tinggi dalam diet sehat ibu menyusui karena dapat mengurangi berat badan.

Telur Mata Sapi dan Mie Shirataki

Pernah dengar mie yang satu ini?

Jenis mie ini punya kalori rendah. Berbagai penelitian menunjukkan kalau mie shirataki mengandung serat glucomannan yang dapat menurunkan resistensi insulin dan kadar gula darah.

Serat glucomannan juga kaya polisakarida. Fungsinya adalah agar performa usus bekerja dengan baik serta mendukung pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus.

Pergerakan usus jadi lancar dan sistem pencernaan juga menjadi sehat. Sehingga, sangat baik untuk dijadikan sebagai pilihan menu diet setelah melahirkan.

Nah, itulah informasi tentang apa saja menu diet ibu menyusui yang sehat dan sesuai kebutuhan nutrisi. Ingat, walaupun sedang diet, kebutuhan karbohidrat tidak boleh ditinggal. Kalau ingin mengganti nasi putih, Anda bisa menggunakan kentang rebu atau nasi merah. Buah-buahan juga harus rutin dikonsumsi, semoga bermanfaat!