Penuaan dini atau juga disebut sebagai skin aging adalah kondisi umum. Semua orang pasti akan mengalaminya. Tetapi, ada beberapa kondisi dimana proses tersebut lebih cepat dari umumnya. Sehingga, disebut sebagai penuaan kulit. Biasanya, wanita lebih cepat mengalami penuaan dibandingkan laki-laki.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Apa saja tanda-tanda atau gejala yang muncul?

Apakah Anda bisa mencegahnya?

Berikut informasi yang dapat Anda simak.

Mengapa Penuaan Dini Dapat Terjadi? (Penyebab Skin Aging)

Berikut adalah beberapa penyebab skin aging:

Merokok

Asap rokok mengandung racun yang membuat kulit jadi mengalami stress oksidatif. Kondisi ini akan membuat kulit jadi berkerut, kering, dan mengalami gejala penuaan dini.

Terpapar Sinar Matahari

Penyebab skin aging berikutnya adalah karena terkena paparan sinar matahari. Matahari memiliki sinar ultraviolet yang dapat menembus  kedalam  kulit. Sehingga, akan merusak sel kulit dan DNA. Sehingga, kulit jadi tampak keriput.

Pola Tidur Tidak Teratur

Jika jarang tidur, tubuh tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Padahal, dengan tidur yang cukup, maka tubuh akan terasa lebih segar. Tubuh juga memiliki waktu untuk meregenerasi sel.

Menurut berbagai penelitian, kualitas tidur yang kurang justru membuat tubuh tidak berfungsi dengan baik dalam membuang racun dan menutrisi kulit. Sehingga, penuaan dapat terjadi.

Pola Makan Kurang Sehat

Sering mengonsumsi makanan yang kurang sehat dapat berakibat kerusakan kulit. Untuk itu, kurangi makanan yang mengandung gula atau karbohidrat olahan terlalu tinggi.

Minum Alkohol serta Kafein

Dengan terlalu sering minum alkohol atau juga kafein, tubuh jadi mudah dehidrasi. Dalam hal ini, kulit jadi tampak kendur dan tidak kencang. Sehingga, penuaan muncul lebih cepat dari yang seharusnya.

Stress

Kurang bahagia, terlalu banyak hal yang dipikirkan, depresi, dan lainnya justru dapat membuat respon peradangan di bagian tubuh.

Maka, yang terjadi adalah kebiasaan tidur jadi terganggu dan penuaan pun terjadi.

Terlalu Sering Pakai Headphone

Informasi yang satu ini justru yang paling banyak bikin orang kaget. Bagaimana tidak, sepertinya susah dipercaya bahwa sering pakai headphone bisa bikin penuaan dini.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Terlalu sering pasang headphone, apalagi dengan volume keras tentu tidak baik untuk telinga. Hal ini disampaikan oleh National Institute on Deafness and Other Communication Disorders atau dikenal dengan NIDCD.

Menurut mereka, paparan suara yang berulang atau panjang lebih dari 85 desibel dapat mempengaruhi pendengaran. Kebisingan yang terlalu lama, terlalu dekat, dank eras justru akan menyebabkan Anda cepat tua.

Terlalu Sering Pakai Sedotan

Hal konyol lainnya yang banyak tidak sadar adalah bahwa terlalu sering pakai sedotan justru memicu cepet tua. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sedotan ternyata tidak hanya jadi masalah serius bagi lingkungan, tapi juga bagi kulit. Dengan terlalu sering menyedot minuman pakai sedotan membuat Anda sering menyipitkan mata. Sehingga, dapat membuat mata berkerut. Bahkan, juga membuat area sekitar mulut juga berkerut.

Terlalu Lama Membungkuk/ Duduk

Punya kerjaan yang bikin Anda jadi sering duduk? Terlalu sering duduk, atau duduk terlalu lama justru bikin Anda jadi cepat tua. Mengapa?

Dari penelitian yang ada pada American Journal of Epidemiology, terlalu sering atau terlalu lama duduk dapat merubah sel-sel tubuh untuk menua. Hal ini dikarenakan duduk adalah kegiatan pasif.

Jadi, kalau duduk dan tidak bergerak lebih dari 10 jam sehari justru akan membuat sel-sel tubuh kurang aktif. Gunakan waktu untuk beranjak mengambil makanan, minuman, atau sekedar istirahat itu penting. Paling tidak, untuk mengubah posisi agar tidak duduk terlalu lama.

Gejala/ Tanda-Tanda Penuaan Dini

Setiap orang pasti punya proses penuaan dini yang bervariasi. Jadi, apa yang Anda alami mungkin berbeda dengan teman. Tapi, skin aging bisa muncul jika Anda belum memasuki umur 35 tahun.

Berikut adalah tanda-tanda atau gejala skin aging yang harus Anda tahu:

Bintik Hitam

Gejala ini muncul di bagian punggung tangan, wajah, atau juga lengan bawah. Hal ini bisa terjadi akibat terkena paparan sinar matahari. Sehingga, hipermigmentasi jadi tidak dapat dihindari kulit.

Kulit Tangan Mengerut

Mengapa hal ini bisa terjadi? Ketika terjadi penuaan kulit, maka lapisann di bagian atas kulit jadi lebih tipis atau lebih sedikit.

Hal ini juga dikarenakan kandungan protein penyusun juga berkurang, termasuk kolagen. Itulah mengapa, seseorang yang punya masalah ini akan tampak keriput, berkulit tipis atau mengkerut sebelum usia 35 tahun.

Peradangan/ Hiperpigmentasi Dada

Kebanyakan orang akan mengalami berubahnya warna di bagian dada, dan perubahan tersebut tampak tidak rata. Hal ini terjadi karena memang bertambah usia.

Sama seperti bintik matahari, hal tersebut terjadi karena adanya kerusakan sel di dalam tubuh akibat terpapar sinar matahari.

Hiperpigmentasi juga bisa terjadi karena adanya eksim. Eksim adalah sebuah kondisi dimana kulit mengalami gangguan. Sel melanin yang ada pada kulit telah mengalami kerusakan.

Kulit Gatal/ Kering

Tanda penuaan dini berikutnya adalah ketika kulit tampak kering atau gatal. Hal ini terjadi akibat adanya penipisan kulit. Sehingga, kulit jadi mengalami dehidrasi. Kulit tersebut tampak lebih kering dan bahkan bisa mengelupas.

Kerutan/ Kulit Kendur

Ketika sudah menginjak usia 30 tahun, kulit akan memproduksi kolagen secara lambat. Inilah kenapa Anda mungkin kehilangan kulit yang elastis. Sehingga, kekenyalan kulit jadi menurun.

Dengan bertambahnya usia, maka akan muncul kerutan atau kulit kendur. Kondisi tersebut hanya terjadi pada bagian sekitar otot yang paling sering digunakan. Misalnya, di bagian dahi. Atau, sangat mungkin sekali terjadi pada bagian kulit yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Rambut Rontok

Penuaan dini juga dapat ditandai dengan rambut yang rontok. Rambut rontok dapat terjadi karena adanya sel induk yang bekerja sebagai pemicu tumbuhnya rambut baru di bagian folikel yang sudah mati.

Mengapa ini bisa terjadi? Tak lain karena adanya pengaruh hormone yang berubah. Juga, dapat terjadi Karena lingkungan, pola makan, serta genetika.

Tips Mencegah Penuaan Dini

Dengan seluruh informasi tentang penuaan dini, kamu bisa mencegah hal tersebut dengan cara berikut:

  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari – Di pantai, di lapangan, atau di area terbuka, lindungi kulit dengan pakai pakaian panjang. Gunakan sunblock atau tabir surya yang punya SPF 30 atau yang tahan air. Pakai tabir surya tersebut setiap hari untuk seluruh kulit yang terekspos matahari.
  • Self-tanner lebih baik daripada harus berjemur – Kulit rentan mengalami penuaan dini ketika sedang berjemur. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari justru sering bikin kulit mengalami penuaan.
  • Terapkan hidup sehat – Mulailah untuk berhenti merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan punya kebiasaan makan yang ideal. Buah dan sayuran sangat disarankan agar kerusakan kulit dapat segera diperbaiki. Hindari mengonsumsi makanan dengann karbohidrat olahan serta gula.
  • Jangan melakukan ekspresi wajah yang sama – Ekspresi berulang justru membuat otot di bagian wajah berkontraksi secara berkelanjutan. Sehingga, akan menimbulkan garis permanen. Gunakan kacamata hitam supaya dapat mengurangi garis-garis karena terlalu sering menyipitkan mata, misalnya.

Itulah informasi yang dapat Anda simak secara lengkap. Sekarang, Anda sudah tahu seperti apa penuaan dini, termasuk penyebab, dan bagaimana mencegahnya. Semoga bermanfaat!