Selulit menjadi salah satu masalah umum yang dihadapi banyak orang. Biasanya, penampilan kulit ini bisa tampak jelas di bagian lengan, paha, dan bokong. Lantas, apa itu selulit?

cara menghilangkan lingkaran hitam dimata

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa kondisi kulit ini merupakan lemak yang menumpuk. Tidak sedikit pula yang menyebut jika kondisi ini adalah racun serta air yang berlebih dan berada di bawah kulit, sehingga tidak bisa keluar.

Padahal, selulit itu adalah kondisi yang membuat kulit di bagian lemak bertimbun (contohnya pada bokong atau paha), membuat tampilan kulit berlesung atau bergelombang.

Apakah Penyebab Selulit?

Lemak tidak ada hubungannya dengan tampilan kulit yang tampak kental dan juga bergelombang. Dalam beberapa kondisi, lemak itu penting karena dapat membuat tubuh tampak indah.

Jika Anda punya lemak wajah yang cukup, maka pipi akan tampak kencang atau ranum. Biasanya, kondisi seperti ini tampak pada anak muda. Karena pentingnya lemak di area pipi, tidak sedikit orang yang merasa penting untuk melakukan bedah plastik.

Sehingga, mereka membayar cukup mahal agar mendapatkan suntikan lemak ke bagian tubuh. Justru, suntikan lemak seringkali dipakai untuk mengobati atau memperbaiki pasien yang punya banyak selulit.

Sudah sangat jelas jika kondisi kulit ini jelas bukan lemak, dan sangat berbeda dengan lemak normal. Pasalnya, struktur kulit berada di atas, sedangkan struktur pada jaringan ikat berada di bagian bawah. Inilah yang menentukan apakah area tubuh bisa berpenampilan halus, atau justru bergelombang.

cara menghilangkan selulit

Mengapa Selulit Lebih Sering Muncul Pada Wanita?

Untuk kamu yang merasa heran, mengapa wanita lebih punya banyak selulit jika dibandingkan dengan pria, tentu ini adalah wajar. Anak kecil juga tidak punya kondisi kulit seperti ini. Tapi, pada wanita langsing pun, mereka pasti punya kondisi kulit tersebut.

Kondisi kulit ini kadang dapat memburuk karena jumlah lemak di bagian tubuh tertentu. Walaupun itu berarti timbunan lemak dapat memperburuk kondisi, tapi jelas penyebab utama kondisi ini terjadi bukan karena lemak.

Di bagian bawah kulit, ada juga lapisan jaringan, yang disebut dengan fibrosa. Fungsinya adalah agar kulit bisa melekat pada otot di bagian bawah. Sedangkan pada laki-laki, jaringan ikat tersebut berada dalam posisi diagonal atau menyilang, halus dan berkesinambungan.

Berbeda dengan jaringan ikat milik wanita. Wanita punya jaringan yang bekerja secara vertikal yaitu tegak lurus. Sehingga, terdapat septa atau sabuk-sabuk serat yang melekatkan kulit ke jaringan di bagian bawah di area tertentu.

Itulah mengapa, perempuan punya ruang penyimpanan lemak yang terpisah. Sehingga, akan mendesak kulit, sedangkan sabuk serat justru malah menarik kulit ke bagian bawah.

Dari perbedaan pengaturan tersebutlah, apalagi pria juga sudah punya struktur kulit lebih tebal, maka pria punya selulit yang lebih sedikit.

Baca juga: Stretch mark – Penyebab, Pencegahan, dan Cara Menghilangkannya

cara merawat kulit

Faktor Usia Juga Dapat Mempengaruhi Selulit

Saat masih muda, jaringan ikat bentuknya elastis dan masih kenyal. Sehingga, berfungsi dengan sangat baik, karena ketika meregang juga kulit masih tetap halus. Setelah masa pubertas, adanya hormone cukup mengganggu jaringan ikat.

Sehingga, kadang kurang elastis atau sedikit kaku. Di periode yang sama, sel-sel lemak kemudian membentang di bagian tubuh tertentu, lalu mendesak keluar.

Serat-serat jaringan ikat juga menyusut dan juga lebih kaku seiring berkurangnya usia. Sehingga, ini membuat kulit jadi menurun atau kendur. Di waktu yang sama, simpanaan lemak kemudian meningkat dan membuat desakan keluar dari area sekitarnya.

Baca juga: Perawatan Wajah Untuk Usia 40an

Jika kedua hal tersebut terjadi bersamaan, maka kulit jadi bergelombang atau kurang menarik. Usia pun terus bertambah sehingga lapisan bagian luar kulit jadi ikut menipis, melemah, lalu kehilangan elastisitasnya. Apalagi, gravitasi juga memberikan pengaruh negative. Sehingga, kulit jadi sedikit kendur.

Septa jaringan ikat masih bekerja utuh, walaupun seringkali menyusut atau menegang. Jadi, bukan hal aneh jika kemudian kondisi kulit pun tampak memburuk karena usia.

Perkembangan kondisi kulit ini juga bisa parah karena faktor lain, yaitu berat badan yang tidak stabil. Berat badan yang sering naik turun secara berulang justru membuat elastisitas kulit terganggu. Jadi, kondisi kulit bergelombang pun semakin tampak jelas.

selulit

Cara Menghilangkan Selulit Dengan Bantuan Medis

Kondisi kulit bergelombang bisa didiagnosis dengan cara melihat kondisinya saja. Karena, memang dari penampilannya saja sudah bisa dilihat. Sehingga, tidak membutuhkan tes khusus guna mendiagnosis masalah kulit tersebut.

Mengatasi masalah kulit ini memang bisa dilakukan dengan perawatan medis. Namun, tidak ada jaminan akan hilang 100 persen. Berikut beberapa cara medis yang dapat Anda gunakan:

  • Terapi gelombang akustik – Menurut American Academy of Dermatology, beberapa studi menunjukkan jika terapi ini hanya mengurangi tampilan masalah kulit. Sehingga, dibutuhkan perawatan berulang, walaupun tidak menghilangkan secara total.
  • Laser Cellulaze – Adalah perawatan untuk mengurangi tampilan kulit. Perawatan ini dilakukan dengan menaruh serat laser kecil masuk kedalam bawah kulit. Larutan mati rasa akan diberikan terlebih dahulu di bagian tersebut dengan melalui suntik. Laser berfungsi memecah pita jaringan ikat, menebalkan kulit, dan mengurangi tampilan. Tapi bukan berarti dapat mencegah kemunculannya.
  • Laser plus sistem frekuensi radio – Terapi medis ini sangat menjanjikan dengan menggabungkan pijat jaringan, cahaya inframerah, serta technologi frekuensi radio.
  • Subcision/ Celfina – Memecah pita jaringan ikat dengan memasukkan jarum sampai ke dalam kulit.
  • Dan masih banyak lagi

keriput

Cara Menghilangkan Selulit Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkannya? Sayangnya, akan susah sekali menghilangkan kulit bergelombang ini sepenuhnya. Namun, tidak ada salahnya untuk memperbaiki tampilannya dengan pola hidup sehat.

Berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki tampilan kulit:

  • Jaga tubuh agar tetap terhidrasi
  • Berhenti merokok
  • Diet sehat
  • Program olahraga teratur dan sesuai anjuran

Ketika melakukan olahraga dan diet sehat, tentu akan membuat lapisan lemak yang ada di bagian bawah kulit jadi berkurang. Sehingga, nantinya justru membuat kulit bergelombang jadi samar.

Bahkan, pola makan yang sehat justru sangat membantu agar kulit serta jaringan ikat juga tetap sehat, kenyal, dan kuat. Hidrasi dan pola makan yang sesuai justru sangat baik untuk mencegah kondisi kulit memburuk karena retensi cairan.

Selanjutnya, olahraga adalah pilihan tepat karena dapat dilakukan dalam berbagai cara. Fungsi olahraga adalah agar menjaga level lemak tetap rendah.

Selain itu, olahraga juga penting karena dapat meningkatkan peredaran darah serta membentuk otot di bagian yang masih rentan kulit bergelombang.

Apakah selulit bisa hilang dengan cara-cara di atas? Tetap saja tidak. Karena kondisi kulit tersebut tidak bisa hilang total. Namun, diet dan program hidup sehat hanya memperbaiki kulit, atau menyamarkan lokasi kemunculannya.

Walaupun ada banyak prosedur atau pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk membuat tampilan kulit tetap sehat. Tapi, tetap saja ini bukan hal yang bisa hilang begitu saja dan tidak ada obatnya..

Biasanya, sering diatasi dengan menggunakan plasebo, yang fungsinya untuk menyamarkan sehingga tidak tampak begitu jelas. Itulah informasi tentang selulit, semoga bermanfaat!