Stretch mark merupakan guratan di bagian kulit, terutama di titik lemak sering berkumpul. Misalnya, di perut atas, payudara, lengan atas, paha, atau juga pantat. Guratan tersebut bisa muncul pada siapapun, entah perempuan atau laki-laki. Tidak perlu kuatir, Anda tentu bisa menghilangkan guratan ini.

Ciri khas lemak terkonsentrasi ini bisa dilihat dari warnanya. Beberapa mungkin tampak merah, ungu, atau merah muda. Namun, seiring berjalannya waktu akan tampak seperti warna kelabu atau warna putih. Jadi, tergantung dengan warna kulit yang ada.

Mengapa Stretch Mark Muncul?

Fakta menarik tentang stretch mark adalah, tidak semua orang punya goresan ini. Kondisi tersebut bisa muncul untuk orang dengan kulit yang memiliki sedikit protein atau kolagen yang berperan melenturkan kulit. Selain itu, tanda goresan biasanya muncul karena tubuh mengalami perkembangan lebih cepat.

Kulit bisa meregang cepat karena tubuh mengembang atau berat badan meningkat. Lapisan dermis, atau lapisan kulit tengah bakalan menipis. Sehingga, lapisan di bagian bawah pun muncul di permukaan. Inilah yang disebut dengan stretch mark.

Berikut adalah faktor yang menyebabkan goresan tanda tersebut muncul:

  • Hamil
  • Berat badan bertambah drastis
  • Ada anggota keluarga yang punya riwayat goresan tersebut
  • Masa puber, karena tubuh bertumbuh sangat cepat. Pada laki-laki dengan faktor ini bisa muncul di bagian punggung dan bahu. Sementara pada perempuan, muncul guratan kulit tersebut di area paha, pinggul, dan payudara.
  • Gangguan kesehatan misalnya sindrom Cushing dan sindromm Marfan. Sindrom Cushing adalah kondisi dimana produksi hormone kortisol tidak normal. Sindrom Marfan adalah adanya kelainan pada gen yang berpengaruh pada jaringan kulit dan jaringan penyambung.
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kortikosteroid yang kurang pas. Kortikosteroid adalah krim untuk kulit tertentu, misalnya eksim. Sehingga, akan mempengaruhi hormone kortisol.

Jadi, sebelum munculnya goresan kulit tersebut, kulit kemudian akan menipis, lalu muncul garis serta guratan kemerahan. Beberapa juga mengalami gatal-gatal. Seiring berjalannya waktu, garis tersebut akan menjadi warna putih. Walaupun bisa menghilang, tentu membutuhkan waktu lebih lama bahkan sampai hitungan tahun.

Mengapa muncul warna merah? Hal ini dikarenakan dermis atau lapisan kulit menipis. Sehingga, pembuluh darah tampak jelas. Jika pembuluh darah sudah mengerut, maka guratan tersebut akan menjadi putih.

Cara Mencegah Stretch Mark

Apakah goresan tersebut bisa dicegah? Tidak selalu. Kendati demikian, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan supaya goresan kulit ini tidak berkembang sebagaimana berikut:

Pastikan Berat Badan Ideal

Berat badan yang naik secara drastis tentu akan memunculkan goresan ini. Sehingga, salah satu siasat yang dapat kamu lakukan adalah dengan menjaga agar berat badan tubuh tetap ideal. Kalau ingin menurunkan berat badan, kamu juga harus melakukannya secara bertahap.

Selain itu, kamu juga harus mengontrol berat badan. Berat badan yang turun sekilo atau lebih setiap minggunya juga tidak akan baik untuk kesehatan.

Jaga Pola Makan

Goresan kulit dapat muncul karena kulit yang kurang sehat. Jadi, salah satu cara untuk menjaga agar tidak muncul goresan adalah dengan membiasakan mengonsumsi makanan sehat.

Buah-buahan dan sayuran segar adalah makanan yang penuh vitamin C, vitamin E, seng, dan protein.

Pencegahan Stretch Mark Saat Masa Kehamilan

Saat sedang hamil, ibu akan cenderung mengalami berat badan bertambah. Namun, hal tersebut terjadi bervariasi. Biasanya bisa mencapai 10 atau 12,5 kg.

Nah, goresan ini bisa muncul jika berat badan naik drastis, atau di atas rata-rata. Konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan jika Anda merasa ini sedikit mengganggu.

Cara Menyamarkan Stretch Mark

Dengan segala pencegahan di atas, stretch mark dapat hilang seiring berjalannya waktu Juga, bukan hal yang perlu dikuatirkan karena memang tidak berbahaya. Jadi, tidak perlu membutuhkan pertolongan medis untuk menghilangkannya.

Untuk Anda yang ingin menjalani perawatan, perlu diketahui bahwa tidak ada prosedur medis yang bisa menghilangkannya.

Agar Anda tetap tampil percaya diri, Anda bisa menggunakan beberapa solusi berikut untuk menyamarkan goresan kulit ini:

Kosmetik

Kamu bisa menyamarkan goresan kulit tersebut dengan menggunakan krim khusus yang sesuai dengan warna kulit. Krim seperti ini biasanya dijual bebas di pasaran. Bahkan, beberapa krim juga tahan air. Jadi, ketika kamu menggunakannya, bisa bertahan sampai dua atau tiga hari.

Krim Yang Memudarkan Stretch Mark

Krim, gel, atau losion juga tersedia di pasaran. Perusahaan kosmetik banyak yang mengklaim bahwa penggunaannya secara rutin dapat memudarkan dan menghilangkan goresan kulit tersebut.

Akan tetapi, ketika ingin menggunakan produk seperti ini, sebaiknya gunakan secepat mungkin. Jika goresan kulit tampak terlihat baru dan masih kemerahan, segera oleskan. Namun, jika terlambat mengaplikasikannya, maka akan membutuhkan waktu lama, bahkan tidak efektif sama sekali.

Gel penghilang garis kulit ini biasanya dibuat dari komposisi asam hialuronat serta ekstrak bawang. Atau, kamu juga bisa menggunakan retinoid yang biasanya harus melalui resep dermatologis.

Cara kerja retinoid adalah menstimulasi tumbuhnya kolagen. Sehingga, kulit akan memiliki nutrisi cukup dan lebih sehat. Kendati demikian, retinoid juga tidak boleh dipakai sembarangan.

Obat ini tidak boleh dipakai untuk ibu hamil dan menyusui. Perlu diingat, retinoid juga tidak manjur mengobati garis kulit ini jika sudah lama ada.

Chemical Peeling

Metode peeling juga menjadi salah satu metode untuk menghilangkan Stretch mark. Caranya dengan menggunakan krim dari komposisi asam glikolat. Menurut sebuah penelitian, cara kerja peeling adalah dengan memperbaiki kulit setelah Anda mengoleskannya selama 6 bulan.

Metode berbahan kimia ini terbilang mahal. Apakah sudah terbukti 100% goresan kulit akan hilang? Belum tentu.

Terapi Laser

Di bawah lapisan goresan tersebut, akan ada pembuluh darah yang menyerap energi pada sinar laser. Sehingga, goresan akan berwarna putih dan menjadi lebih samar. Kendati demikian, metode ini tidak menghilangkan secara total, hanya menyamarkan.

Proses lainnya adalah mikrodermabrasi. Cara kerjanya dengan menggunakan Kristal supaya permukaan kulit lebih bersih. Perawatan tersebut sangat cocok untuk menghilangkan goresan yang sudah lama.

Operasi

Untuk banyak orang yang merasa sangat terganggu dengan adanya goresan kulit, biasanya mereka memilih operasi kecantikan.

Prosedur tersebut bekerja dengan cara membuang lemak berlebih yang ada di kulit, terutama di perut atas. Serta, metode ini juga cocok untuk menghilangkan lemak di bawah bokong.

Harga perawatan ini tentu sangat mahal. Biasanya, metode ini sangat jarang direkomendasikan. Apalagi memang goresan kulit bisa menghilang dalam kurun waktu tertentu. Sehingga, tidak perlu perawatan khusus untuk menghilangannya.

Itulah informasi yang dapat Anda simak tentang stretch mark, mulai dari penyebab, pencegahan, sampai solusi. Walau demikian, sangat sulit untuk menghilangkan goresan kulit, kecuali dengan penanganan yang teratur.

Pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit Anda sebelum mengambil keputusan apapun untuk menghilangkannya, semoga bermanfaat!